Kirab Budaya Desa Bulak [Mermul Buyut Banjar]


Desa Bulak, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu. Merupakan sebuah desa dengan memiliki penduduk sejumlah ± 12 ribu jiwa
dengan pendapatan utama warganya yakni sebagai Petani. Didesa ini mempunyai sebuah tempat wisata atau lokasi dayatarik yaitu sebuah komplek pemakaman keramat yang di dalamnya terdapat satwa jenis kera liar. Namun kera tersebut bukan sembarang kera karena menurut mitos atau legenda setempat bahwasanya kera tersebut merupakan kera kutukan yang sebenarnya adalah para prajurit kerajaan Prabu Surya negara.

Kemarin, tepatnya hari Minggu, (9/10)... Redaksi InfoSaiki kebetulan dapat meliput aktivitas warga Desa Bulak dimana berkaitan dengan legenda setempat yakni "Mermul Buyut Banjar". Menurut warga acara ini adalah sebuah bentuk syukur warga kepada Tuhan dan leluhur. Sehingga diadakan pesta rakyat dan iring-iringan kesenian daerah setempat.

Artikel menarik lainya >> Akses Menuju Hutan Mangrove Pemalang <<

Acara tersebut terbilang sangat meriah dimana semua warga tumpahruah kedalam acara. Banyak warga dari setiap blok atau setiap dusun menampilkan karyanya baik itu ogoh-ogoh, kostum dan pakaian unik ala pewayangan, dan yang khas dari daerah indramayu dan cirebon yakni tari topeng dan kesenian singa depok dan burok. Jalanan pun dibuat macet dengan adanya acara ini. Namun meski jalanan macet hingga beberapa jam, tapi kondisi tetap tertib.

Berikut tayangan sekilas tentang Mermul Buyut Banjar.














































Posting Komentar

0 Komentar