Wiyonggo, Hantu / Siluman Air.


Di Indonesia sendiri cukup banyak beberapa cerita mistis yang melegenda… salah satunya ialah cerita mengenai Hantu
atau Siluman penunggu sungai… tepatnya di jawa tengah. Masyarakat luas biasa menyebutkan “Wiyonggo / wiye`ngge` / Buncul / Bulus”.

Wiyonggo/bancul/bulus adalah makhuk yang mempunyai ciri fisik mirip hewan campuran dari katak, kura-kura, buaya dan manusia. Dengan bentuk tubuh layaknya manusia dengan rambut panjang, dengan moncong mulut dan gigi mirip buaya, dan dipunggung ada tempurung mirip kura-kura serta di tangan dan kakinya ada selaputnya layaknya katak. Makhluk ini di gambarkan sejenis dengan Kappa, salahsatu makhluk mitologi Jepang… namun makhuk ini digambarkan lebih kejam karna suka sekali menyerang manusia dan menyeretnya kedasar sungai untuk memakan salah satu bagian tubuhnya.

Memiliki habitat di perairan terutama di sungai-sungai yang masih alami dan masih banyak tumbuh pohon Bambu di bibir sungainya…. Ciri khas dari makhluk ini adalah sebelum memangsa korban, rambut panjangnya terurai di permukaan air. Wiyonggo juga mengawali penampakanya dengan tangisan, baik mirip bayi maupun mirip wanita yang tengah dirundung duka… (berbeda dengan kuntilanak).

Sempat di gambarkan oleh warga wiyonggo dapat berenang dengan cepat dan tempat tinggalnya adalah dasar dari sungai atau kadang di bibir sungai yang tanahnya nampak kosong atau tanahnya bila diinjak agak lembut. Wiyonggo adalah makhluk Karnivora yang makanan Favoritnya adalah janin dan ubun-ubun atau otak manusia dan juga kadang memakan Anus/Pantat manusia. Saat sedang buang hajat di sungai makhuk ini menyerang.

Ada beberapa kejadian yang kerap dikaitkan dengan munculnya wiyonggo ini…. Salah satunya kejadian pada tahun 90’an, yaitu hilangnya siswa smp yang tiba-tiba tenggelam di sungai yang menurut saksi, korban seperti diseret masuk ke dasar sungai genteng, di desa lambur kab.pekalongan… jasad anak yg hilang tersebut di temukan di dasar sungai dan terjepit batu, namun yang membuat miris yakni kondisi jasadnya yang mengerikan yaitu otak yang bolong, pantat atau anusnya hilang dan darah yang habis sehingga kondisi jasad berwarna putih pucat…

Terlepas dari itu semua yang jelas kita harus selalu hati-hati dan mawas diri, karena percaya tidak percaya memang ada makhluk ciptaan Tuhan lain yang ada di sekitar kita, sudah seharusnya kita saling menghormati terutama dengan aturan-aturan maupun adat-adat yang ada di daerah tersebut. dan tak lupa selalu berdoa dalam seiap aktivitas,

                       



                                                                          *******













Silahkan Bersilaturahmi dengan kami di Facebook : InfoSaiki.com

Posting Komentar

1 Komentar