Manfaat dari Akar dan Daun Jeruk Nipis


Tahukah Sobat Tanaman Jeruk Nipis selain dapat diambil buahnya ternyata akar dan daunya dapat dimanfaatkan sebagai obat dan mengatasi permasalahan tubuh. manfaat dan bagaimana cara meraciknya?... mari kita simak info selengkapnya...



Mengobati Ambeien / Wasir

Dalam Wikipedia dijelaskan, wasir atau ambeien adalah kondisi patologis (abnormal) membengkak atau meradangnya Hemoroid (melebarnya pembuluh darah di daerah dubur) atau sering kita menyebutnya wasir.

Untuk mengatasinya, kita bisa memanfaatkan bagian akar jeruk nipis. Caranya, siapkan 2-4 potong akar jeruk nipis, rebus dengan 1 1/2 liter air sampai mendidih hingga airnya kira-kira tinggal 1 liter, lalu saring. Selanjutnya, minum ramuan setiap sore secara teratur.


Mengobati Disentri

Dalam KBBI dijelaskan, disentri merupakan gangguan atau penyakit radang selaput lendir usus besar dengan gejala utama berupa berak-berak bercampur lendir.

Mengutip dari Wikipedia, disentri dapat diartikan radang usus yang menimbulkan gejala meluas, tinja lendir bercampur darah. Di antara gejala-gejala disentri yaitu: Buang air besar dengan tinja berdarah; Diare encer dengan volume sedikit; Buang air besar bercampur lendir(mucus); Nyeri saat buang air besar (tenesmus).

Untuk mengobati disentri, sobat bisa siapkan 2 potong akar jeruk nipis;  cuci lalu rebus dengan 2 1/2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring. Terakhir, minum obat yang dibuat satu kali sehari.


Mengatasi Bau badan Menyengat

Siapa yang tak mau badannya berbau segar minimal tak berbau meski tanpa menggunkan parfum? Kondisi bau badan menyengat secara umum memang tidak mengganggu bagi kita (seandainya badan kita berbau tak sedap). Tapi, beda lagi dengan orang di sekitar kita. Mereka akan terasa sangat terganggu atau merasa tidak nyaman.

Faktor penyebab bau badan tak sedap bisa dikatakan banyak sekali, bisa turunan, lingkungan, asupan, dan masih banyak lagi. Dari segi asupan, misalnya makanan yang terlalu banyak mengandung bawang-bawangan baik bawang merah, bawang putih, bawang bombai.

Sebagai solusi masalah ini, cuci beberapa helai daun jeruk nipis yang masih muda lalu tumbuk sampai halus, dan lumatkan. Kemudian, pulung kecil-kecil seperti pil. Selanjutnya, makan 3 kali sehari sesudah makan.

Mengatasi Kepala Pusing / Vertigo

Vertigo merupakan salah satu bentuk gangguan sakit kepala yang mana penderita mengalami kondisi persepsi gerakan yang tidak semestinya (biasanya gerakan berputar atau melayang) yang disebabkan oleh gangguan pada sistem vestibular (saraf yang berperan dalam proses mendengar dan menjaga keseimbangan tubuh).

Untuk mengatinya, cuci 1/2 genggam daun jeruk nipis lalu lumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan campuran tadi ke tengkuk, dahi dan pelipis penderita. Lakukan terapi 1-2 kali sehari.

Posting Komentar

0 Komentar