Tips Dalam Menghadapi Skripsi


Sudah tentu menjadi rahasia umum bahwa setiap mahasiswa akhir guna meraih gelarnya, harus melalui proses yang dinamakan Skripsi. skripsi sendiri merupakan serangkaian tugas yang di mulai dengan penelitian dan pengambilan data serta penganalisaan data tersebut. 


Acapkali kebanyakan mahasiswa beranggapan bahwa sekripsi itu memusingkan dan sulit untuk dikerjakan sehingga Tidak sedikit orang mengaku bahwa momen tersebut adalah saat terberat selama mengamban status sebagai mahasiswa. Ada banyak pula yang mengaku gagal mengemban gelar sarjana karena tak mampu menyelesaikan skripsinya akhirnya mahasiswa tersebut menyerah di tengah jalan.

Sebenarnya skripsi gak sesulit itu kok. Asalkan tahu tips dan triknya, skripsi bisa selesai secepatnya. nah kali ini Infosaiki.com sendiri akan membagikan tips seputar menghadapi sekripsi

1. Sabar

Seringkali mahasiswa dalam mengerjakan skripsi terlalu tergesa-gesa, sehingga hasil yang dikerjakan kurang maksimal yang menjadikan seringkalinya mahasiswa tidak mendapat tanda tangan dari dosen pembimbingnya. 



2. Jangan Malas dan Menunda dalam Mengerjakan Skripsi

Kebanyakan mahasiswa lebih memilih mengulur-ulur waktu dengan berbagai alasan. Nah ini yang terkadang menyebabkan mahasiswa bermasalah dalam menyusun Skripsi. biasnya mereka mengerjakan saat sudah hampir dedline yang membuat justru beban mental bertambah.




3. Mintalah Doa Orang Tua

Orang tua merupakan satu-satunya orang yang selalu mendukung kita dan selalu ada apapun keadaan kita, mereka mencintai dan menyayangi kita lebih dari siapapun. ada pepatah bahwa sebaik-baiknya doa adalah doa dari orang tua. oleh karena itu maka kita wajib meminta doa atas kelancaran skripsi kita.







4. Rajin Beribadah dan Berdoa

Selain doa dari orang tua, tentu saja kita jangan lepas dari doa sendiri. karena percayalah ada keajaiban sendiri dari Doa kita.




5. Fokus

fokus merupakan faktor lain dari kesiapan kita menghadapi skripsi. skripsi akan mudah bila kita fokus. baik fokus dalam materi skripsi, penyusunan, dan fokus saat dosen pembimbing memberikan arahan.






6. Cari Teman yang Asik

Karena proses skripsi yang panjang, perlulah kita mendapat hiburan, cara mencari hiburan saat dalam proses skripsi mudah. kita mencari teman yang asik dan mendukung kita dalam menyusun skripsi karena manusia merupakan makhluk sosial, maka tak lepas dari hubungan sosial pula. setidaknya teman yang asik dapat melepaskan penat kita dan mungkin juga dapat membantu kita dalam menyelesaikan skripsi




7. Cari Suasana yang Baru dan Nyaman

Suasana yang baru dan nyaman dapat menentukan pola berpikir kita, karena kita tidak merasa jenuh dengan itu-itu saja yang mengakibatkan suasana hati yang tidak enak. jika suasana hati yang kacau dan jenuh itu dapat menghalangi proses skripsi kita.



8. Patuh dan Mencermati dengan Baik Ucapan Dosen Pembimbing

Kadang karena mahasiswa merasa sudah benar ia tinggi hati dan tidak menghiraukan ucapan dosen. hal ini yang menyebabkan kadang mahasiswa justru mendapat kesulitan. ingatlah bahwa dosen lebih berpengalaman dan mengerti ilmu lebih dari kita, sehingga kita juga wajib mematuhi dan mencermati dengan baik ucapan dosen saat bimbingan.





9. Jangan Sombong

Karna merasa sudah menguasai skripsi dan sudah bisa, kadang kita sombong dengan mengolok-olok mahasiswa lain. awas hal itu justru dapat menjadi boomerang bagi kita. skripsi adalah ujian kita dalam ujian ini kita dituntut justru saling membantu bukan menyombongkan diri. tentunya membantu dalam hal memberikan support dan motivasi bagi teman mahasiswa yang lain yang belum menyelesaikan skripsi.


nah itulah beberapa info dan tips yang dapat kalian ambil pada saat kalian akan melakukan Skripsi nanti, semoga semua itu bermanfaat....

Posting Komentar

0 Komentar