7 Club Motor Tertua di Indonesia


Siapa yang tak tahu Bikers Brotherhood MC Indonesia, biasa di sebut juga BBMC salah satu club motor ternama dan juga bisa dibilang senior di indonesia, dengan seloganya "Benteng Terakhir Adalah Persaudaraan" memang cukup kuat membuktikan bahwa club motor ini cukup solid dan bertahan lama.
dari hal tersebut pasti kalian berfikir bahwa BBMC adalah club motor tertua di Indonesia. yaa pasti banyak diantara kalian yang berfikir seperti itu.
awalnya kamipun merasa demikian, namun setelah kami telusuri, ternyata masih ada lagi club motor tertua yang masih Axis sampai sekarang ini looh... Penasaran?? mari kita simak.


1. Harley Davidsons Club Indonesia (HDCI)
Siapa yang tak kenal dengan club motor gede yang satu ini. dimana anggotanya merupakan pengguna motor gedhe merek Harley Davidsons dan rata-rata orang ternama serta petinggi-petinggi di indonesia, seperti Jendral Polisi/TNI, Pengacara, Artis, Pengusaha, dan Politikus. club motor HDCI ini sekarang sudah beranjak dewasa looh. 

Ditahun 2021 ini usia club motor HDCI ini menginjak tahun ke 31. Club ini berdiri sejak 28 Mei 1990 dimana pada saat sebelumnya sudah banyak orang-orang yang mendirikan club motor Harley namun berAzaz kedaerahan dan independen dengan nama dan bendera mereka sendiri.


Namun setelah adanya suatu kongres besar di bandung dan semua club harley dikumpulkan maka menghasilkan keputusan besar dan disetujuai bersama yaitu semua club Harley tersebut melebur menjadi satu yakni dengan Logo,Simbol,Color, dan Bendera menjadi satu yaitu Harley Davidsons Club Indonesia (HDCI).

Jangan lupa baca Part 2 nya Club Motor Tertua di Indonesia Part 2



2. Motor Antique Club Indonesia (MACI)
adalah club motor antik yang besar dan anggotanya sudah menyebar di seluruh daerah di Indonesia. sama layaknya club HDCI, MACI ini sendiri juga awalnya merupakan club-club pecinta motor antik yang berAzaz kedaerahan dan memiliki nama masing-masing tiap daerah.


 Pada tanggal 1 Oktober 1994 diadakan munas (Musyawarah Nasional) dengan mengumpulkan semua club-club tersebut. dan melahirkan satu club dengan koordinasi organisasi nasional dibawah bendera dan organisasi yang satu yaitu Motor Antique Club Indonesia (MACI). ditahun ini maka genap MACI akan berulang Tahun yang ke 27 tahun.


Jangan lupa baca Part 2 nya Club Motor Tertua di Indonesia Part 2


3. Tiger Assosiation Bandung (TAB)
berbeda dengan club motor sebelumnya yang notabene motor besar dan dari golongan menengah keatas, club motor satu ini memang legenda karena merupakan club motor pencetus lahirnya organisasi club motor kecil yang mampu berorganisasi dengan profesional.



Selain itu juga TAB adalah club motor yang layak dipertimbangkan karena para anggotanya yang dikenal solid dan militan sehingga mampu bertahan melewati zaman. berusia saat ini sudah 27 tahun, berdiri sejak 23 Mei 1994.


Diawali dengan beberapa pemuda yang mempunyai hobi yang sama dalam beroda dua dan saat itu motor jenis Tiger tergolong esklusif serta untuk saling berkomunikasi mengenai kendaraanya, maka memutuskan untuk membuat wadah yaitu club motor Honda Tiger di Bandung dengan format Assosiasi.



4. Bikers Brotherhood Motocycle Club (BBMC)
Tak perlu membahas banyak mengenai club motor yang satu ini karena memang namanya dan semua anggotanya sudah cukup terkenal dan ternama di dunia Bikers Indonesia. berdiri sejak tanggal 13 Juni 1988 club motor BBMC ini sudah memasuki tahun ke 33. Club motor yang terdiri dari pemilik motor gedhe dan juga motor tua ini mengusung keorganisasian dengan persaudaraan yang lekat.


Sehingga masuk dalam club motor satu ini maka antar anggota dianggap sebagai saudara. banyak artis yang masuk dan bergabung menjadi life member di BBMC ini seperti Chef Juna, Bucek, Ferry Maryadi, Indro Warkop dan lainya.

Jangan lupa baca Part 2 nya Club Motor Tertua di Indonesia Part 2


5. Pecinta Montor Udhug Indonesia - Soerabaya (PEMUDI'S)
Merupakan club motor antik yang lahir di soerabaya, Pemudi’s resmi dibentuk pada tanggal 22 Februari 1982 oleh sepuluh anggota penggemar motor tua di Surabaya, Jawa Timur.
Pemudi’s singkatan dari Penggemar Montor Udhug Indonesia Soerabaia.
Kata montor dalam PEMUDI’S merupakan bahasa Jawa yang artinya adalah ‘sepeda motor’.
Sedangkan udhug yang juga bahasa Jawa adalah suara dari motor tua tersebut yang berbunyi ‘udhug-udhug’.

dibentuknya wadah PEMUDI’S adalah guna melestarikan motor-motor Inggris yang ada di Indonesia. Tidak heran, huruf ‘I’ yang terdapat di kata PEMUDI’S
merupakan singkatan dari kata Inggris. Namun, untuk menunjukkan nasionalisme maka pada tahun 1987, kata Inggris berganti menjadi Indonesia.
klub ini sekarang sudah berusia 39 tahun. cukup matang untuk ukuran manusia.


6. Black Angels Motocycle Club (BAMC)
Adalah club motor besar yang layak diperhitungkan senioritasnya dan merupakan salah satu pendirinya adalah seorang artis comedian, seniman dan motocycle anthusias yang sudah sangat terkenal yaitu Indro Joyokusumo (Indro Warkop). 

Indro memang terkenal aktif dalam organisasi bermotor takheran banyak club motor yang mengangkat Beliau sebagai anggota kehormatan. nah ternyata selain aktip di club motor HDCI dan BBMC Indro Warkop merupakan Founder dari BAMC ini dan ternyata club motor satu ini lebih senior berdiri dibanding dengan BBMC ataupun HDCI.


Berdiri sejak 2 Januari 1979 maka pada tahun 2021 ini club motor BAMC ini sudah memasuki usia ke 42 tahun. cukup amat matang
nah siapakah kira-kira club motor tertua di Indonesia??




7. ISHD (Ikatan Sport Harley Davidsons)
yak Ikatan Sport Harley Davidsons atau biasa dikenal dengan ISHD ini merupakan club motor tertua di Indonesia dengan usia 53 tahun saat ini. Sejarah singkat mengenai Ikatan Sport Harley Davidson (ISHD) terbentuk pada 1 Juni 1968. Dalam perjalanan di tahun 1990 ISHD diminta bergabung melebur menjadi satu dengan HDCI. Tetapi ISHD tetap dengan pendiriannya berdiri sendiri sampai saat ini. Boleh dikatakan club motor tertua di Indonesia adalah ISHD, selain itu juga berbeda dengan club-club motor Harley pada saat itu yang akhirnya melebur menjadi HDCI di tahun 1990 (Munas HDCI di Bandung). ISHD tetap satu independent.

Seiring berjalannya waktu, ISHD makin maju dan banyak anggota yang bergabung selain itu juga ISHD sudah banyak mendirikan Chapter atau bagian di beberapa wilayah di indonesia. selain itu juga ISHD memiliki wilayah internasional di Amerika dan di Mexico.
___________________________________ END ___________________________________


Nah sudah tahukan?? terus ikuti Infosaiki agar terus mendapatkan Info yang menarik lainya....

Posting Komentar

5 Komentar

  1. mantap ini artikel yang lama saya tunggu ��

    BalasHapus
  2. HCB dan outsiders mmc gak dimasukin daftar
    padahal kedua club tersebut juga sudah lama🤔

    BalasHapus
  3. Mmc outsiders (1988)

    BalasHapus