Cula Badak Adalah Kumpulan Dari Rambut Badak Yg Mengeras?



Hay guys apa kabaar?
Kali ini InfoSaiki akan mengabarkan fakta menarik mengenai dunia hewan...
Hewan yg akan Infosaiki bahas adalah Badak!., iya.. hewan mamalia darat terbesar kedua setelah gajah ini memiliki fakta menarik loh. . .
Penasaran? Yuk simak infonya...

1. SALAH SATU HEWAN DARAT YANG TERBESAR


Di antara lima spesies badak, badak putih adalah yang paling besar.
Tinggi badannya bisa mencapai 1,8 meter dan beratnya mencapai 2.500 kilogram! Ini setara dengan berat 30 orang laki-laki dewasa, lo!
Meskipun besar, satwa ini tidak memakan hewan lainnya.
Badak termasuk herbivora yang selalu terlihat sibuk mengunyah rumput...


2. HEWAN YANG SUKA MENYENDIRI


Badak termasuk ke dalam kategori solitary animal, artinya mereka suka menyendiri, bahkan menghindari satu sama lain. Tapi, badak putih bisa hidup dalam kelompok yang disebut 'crash'. Biasanya kelompok ini adalah beberapa badak betina, atau badak betina dan anak-anaknya.


Badak jantan lah yang paling suka sendirian. Mereka menandai wilayah kekuasaannya dengan kotorannya, lo! Ini juga cara mereka berkomunikasi satu sama lain. Karena setiap kotoran badak memiliki bau yang berbeda.


3. SALAH SATU HEWAN YG TAK PUNYA PEMANGSA


Yap! Karena ukurannya yang besar, cula kuat, dan kulitnya yang tebal, hewan ini tidak punya pemangsa alami. Lucunya, badak sangat mudah takut. Sehingga ketika merasa terancam, badak akan menyerang apa saja yang menakutinya.


4. PELARI YG CUKUP KENCANG

Badak mampu berlari cukup kencang. Meski tidak secepat kuda nil, mereka mampu berlari dengan kecepatan 24 kilometer per jam. Dalam jangka pendek, mereka bisa mecapai kecepatan hingga 40 kilometer per jam.


5. CULA BADAK MERUPAKAN KUMPULAN RAMBUT


Para ilmuwan telah menemukan rincian terbaru tentang susunan material struktural yang membentuk cula atau tanduk badak. Kebanyakan tanduk hewan memiliki inti tulang yang diselimuti oleh selubung tipis keratin, bisa dibilang substansi yang sama seperti rambut dan kuku. Namun, cula badak unik, karena seluruhnya terdiri dari keratin.



6. HEWAN YG LAMBAT DALAM REPRODUKSI


Secara umum Badak jantan baru memiliki kematangan seksual pada usia 5-7 tahun, sementara betinanya pada usia 3-5 tahun. Namun, bagi badak betina, interval mereka untuk kembali bereproduksi setelah melahirkan anak adalah 2-3 tahun.
Lama kehamilan badak betina sendiri tergolong lama. Sekitar dua kali lamanya masa kehamilan manusia. Rata-rata sekitar 16-18 bulan. Sementara berat bayi badak putih yang baru lahir sekitar 40-65 kilogram.


7. HEWAN YG RENTAN SEKALI DIBURU


Badak dulunya banyak ditemui baik dikawasan Asia maupun Afrika, seperti di Indonesia, Malaysia, Kamboja, India, Chad, Sudan, Uganda, dan Kongo. Namun, perburuan yang begitu marak terhadap spesies ini membawanya ke ambang kepunahan.
Mengapa mereka memburu cula badak? Selain untuk dijual di pasar gelap, cula badak digunakan untuk obat tradisional Asia dan dapat menunjukkan status sosial.


8. HEWAN YG TERANCAM PUNAH


Menurut National Geographic, jumlah badak sekarang diperkirakan tinggal 29.000 ekor saja di alam liar. Padahal di awal abad 20, jumlahnya masih sekitar 500.000 ekor, lo, teman-teman!
Tapi, gan, kan hewan ini tidak punya pemangsa?
Yap! Memang tak punya pemangsa tapi seperti yg disebutkan diatas bahwa tingkat reproduksi hewan ini sangat lambat dan sedikit selain itu yang mengancam hewan ini adalah perburuan ilegal manusia, teman-teman.
Pemburu mengincar culanya untuk digunakan sebagai pengobatan tradisional dan perdagangan ilegal.

Semoga badak masih bisa dilestarikan, ya!






Posting Komentar

0 Komentar