Asal muasal SUNMORI (Sunday Morning Ride)

 


Hai sobat Saiki Channel.. taukah kalian bahwa Sunmori pada awalnya hanya beberapa orang saja yang tau dan melakukanya. serta istilah ini awalnya hanya digunakan oleh mereka Klub-klub motor saja, bukan semua kalangan Riders seperti sekarang?.

mari kita simak asal muasalnya...

iya.. Sunmori (Sunday Morning Ride) atau momotoran dipagi hari. merupakan kegiatan para riders yang tengah ramai dibicarakan dan digaungkan oleh para riders sekarang ini, terlebih bagi mereka para kaula muda yg masih mencari jatidiri dan ingin diakui.

kebanyakan dari mereka tidak tahu apa Makna sebenarnya dari sunmori dan Tujuan jelas dari Riding di minggu pagi ini.. sehingga banyak dari Oknum mereka ini yang salah kaprah dan melakukan Sunmori yang justru mengganggu pengguna jalan lainya. kelakuan yang tidak menyenangkan itu seperti kebut-kebutan gebar geber dari knalpot bisingnya, show off (Wheelie) maupun aksi jalan beregu dengan jumlah besar dan memblokade pengguna lain, jadi seakan jalan hanya milik mereka saja tanpa kordinasi yang jelas tidak seperti rombongan turing.

Dari hal itu efeknya apa?


Tentu dari pengendara lain justru tidak suka dengan aksi sunmori ini, bahkan warga sekitar jalur untuk sunmoripun ada beberapa ikut geram. seperti kasus kemarin di Bandung (Daerah Puncak/Lembang). warga merazia sunmori dan aparatpun turun tangan dengan membubarkan. padahal tidak semua seperti itu tapi karena ada oknum2 bocil (Bocah kecil) yg kadang belum punya SIM tapi sudah ikut motoran ini yg jadi kacau

Taukah kalian bahwa sejarah atau Awalmula Sunmori ini sendiri digagas para Klub motor indonesia ternama di tahun 2007/2008 (sebut saja klub motor besar / klub motor tua), dengan tujuan untuk menikmati perjalanan yang menyenangkan dengan tungganganya ketika akhir pekan, yang notabene jalanan sepi ketika weekend dari pada hari  kerja. serta ajang silaturahmi dan kumpul-kumpul untuk membahas organisasinya. 

menurut narasumber yang redaksi wawancara mereka melakukan sunmori ini karena waktu mereka tidak banyak seperti klub lain yang bisa tiap malam minggu kumpul-kumpul, sehingga sunmori ini dilakukan dengan tujuan untuk manasi tunggangan serta bersilahturahmi dengan anggota.. namun seiring berjalanya waktu dengan adanya medsos juga membuka khalayak tahu tentang sunmori, dan mengikuti kegiatan sunmori ini namun yang disayangkan adalah dengan esensi dan tujuan yang berbeda yang justru ingin showoff dan pamer. dan lebih parahnya, juga diikuti oleh mereka yg notabene baru mengenal motor serta tidak memiliki mentor atau panutan yang tahu esensi dan tujuan dari sunmori itu sendiri, mereka hanya tau apa yg mereka lihat di medsos dan youtube.


Menurut Narasumber, akan lebih baik bila ingin sunmori terutama yang berkelompok itu memiliki mentor atau senior yang tahu betul bagaimana itu Sunmori, serta tujuan dari sunmori itu sendiri. Senior itu dapat mengkordinir kegiatan sunmori sehingga akan lebih baik dan teratur. misalnya membuat tugas/posisi saat perjalanan seperti Rc (Road Captain), SW (Sweeper), atau VO (Voorider) disini fungsinya adalah agar rombongan terordinir dan tidak mengganggu pengguna jalan lain. selain itu sunmori grub misalnya jumlah yang ikut dibanding jalur yang akan dilalui lebih banyak peserta (jalur lebih kecil),  sebaiknya rombongan dibagi menjadi dua grub agar efisien. berbeda bila sunmori hanya 1 atau 2 orang maka itu di kembalikan kepada cara berkendara / perilaku pengendaranya.



Jadi intinya sunmori memang bukanlah touring yang harus ada tata acaranya namun dalam sunmori ini kita juga harus tahu tujuan awal dari sunmori ini apa dan esensi untuk kita apa., saya rasa bikers yang sudah gabung di club motor pasti tahu itu. tapi untuk temen-temen riders yang baru pegang motor saya tekankan!. jangan dijadikan sunmori ini sebagai ajang pengakuan jatidiri dan showoff. atau sunmori ini berubah esensi menjadi racemori. jika ingin balap setidaknya carilah sircuit yang memang untuk balap bukan jalan raya.

seperti itu kira-kira sob Asal muasal Sunmori dan pandangan dari Narasumber yang tidak ingin disebutkan identitasnya ini... semoga Sunmori kita di kedepanya lebih baik lagi ya sob... Redaksi Saiki Channel undur diri.. Chaooww... 🙏

______________________________________


Ikuti pula media sosial kami

Fanspage FB : Infosaiki.com

Instagram : @infosaiki_id

Youtube : Saiki_Channel






Post a Comment

2 Comments

  1. Sunmori sekarang isinya cuma bocil yang gebar geber serampangan saja...

    ReplyDelete
  2. Saya mah suka juga sunmori, tapi suka sebel sama rombongan yang suka ngebut di atas 60 km/jam di jalan raya. Sunmori mah santai aja atuh, kalo mau ngebut ke sirkuit aja.

    ReplyDelete