Oleh-Oleh Khas Pemalang


Sudah mendekati mudik lebaran nih gaes... kalian yang melintasi jalur pantura pasti akan melewati Daerah Pemalang. Selain wisata alam yang di gembar-gemborkan, Ada cukup banyak tempat wisata serta kuliner di daerah Pemalang yang wajib Anda coba seperti Lontong Dekem, Sate Loso, Pecak Belut, Sego Megono, dan tentunya Nasi Grombyangnya. Saat mendatangi Kota Pemalang, sayang rasanya untuk tidak membawa oleh-oleh saat pulang dari kota yang satu ini. Berikut Oleh-oleh khas Pemalang ini paling banyak diburu wisatawan untuk dibawa pulang yang tim InfoSaiki.com Dapatkan....


1.    1. KUE KAMIR

Kue kamir adalah Kue yang terbuat dari adonan terigu, telur, ragi, gula, margarin, dan susu. Bentuk kue ini bundar dan sedikit pipih. Warnanya cokelat biasanya dijadikan camilan, makanan satu ini bisa dengan mudah ditemukan di pinggir jalan, lho.

Bentukya hampir mirip dengan Kue Dorayaki Jepang yang biasa di sukai oleh Doraemon, namun tekstur dan rasanya berbeda. Lebih khas kue Kamir ini sob, Kue ini cocok untuk pengganjal perut, karena mengenyangkan dan bisa jadi buah tangan karena bisa awet hingga 3 hari dalam suhu ruangan umum. Kue khas Pemalang ini banyak diproduksi oleh penduduk yang menjalankan home industri, Lokasinya di sekitar perkampungan Arab di Pemalang. Anda yang tertarik bisa ke jalan Semeru Mulyoharjo, Pemalang.



 

2.     2. KUE APEM COMAL

Sesuai namanya Apem Comal merupakan Kue yang banyak dijual di kawasan Pasar Comal, Apem comal terbuat dari tepung beras. Bentuknya bulat pipih dan berwarna cokelat. Rasa manisnya berasal dari gula jawa. Apem comal biasanya disajikan di atas daun pisang, agar aromanya lebih harum dan khas.

Cita rasanya yang manis dan lembut menjadikan banyak orang menyukai jajanan yang satu ini. Harga dari apem Comal sangat terjangkau yakni Rp 1.500,- per biji. Meskipun memiliki harga yang terkesan murah, tetapi lezatnya jajanan yang satu ini wajib Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Kalian dapat membeli jajanan ini di Pasar-pasar Tradisional yang menyediakan jajanan Apem Comal ini.



 

3.     3. BANDENG MONTOK

Sebagai daerah pesisir Kabupaten pemalang juga memiliki olahan pangan hasil lautnya salah satu yang dapat kalian bawa pulang sebagai oleh-oleh adalah Bandeng motok. Mengapa dinamakan Bandeng Montok, karena tampilan dari bandeng yang satu ini berbeda dari olahan bandeng lainya karena montok.

Memiliki ukuran yang lebih besar dari bandeng biasa, dikarenakan Sebelum diolah, ikan bandeng akan dibersihkan terlebih dahulu dari duri dan kotorannya. Setelah itu baru diisi lagi dengan daging ikan bandeng yang telah dicampur Ayam dan bumbu kemudian dikukus. Bandeng montok tersedia di toko oleh-oleh di Pemalang. Harga yang dibanderol mulai dari Rp95 ribu per kilogram.



 

4.     4. VITANAS

Nah berbeda dari pangan oleh-oleh yang diatas, Vitanas merupakan olahan minuman yang dikembangkan oleh masyarakat pemalang bagian selatan, yang kemunculanya diiringi dengan progam pemerintah mengenai tanaman buah daerah, yaitu nanas. Vitanas merupakan gabungan dari kata Minuman Vitamin Nanas yang kemudian disingkat menjadi Vitanas.

Vitanas ini tersedia di toko oleh-oleh di Pemalang. Harga yang dibanderol masing-masing sesuai ukuran mulai dari Rp 1.000/cup kecil, Rp 1.500/cup sedang, Rp 20.000/Dus (cup kecil isi 24pcs), Rp 23.000/Dus (cup sedang isi 24 pcs), Rp 5.000/botol, Rp 50.000/Dus (isi 10 botol).



 

 

5.     5. KEPITING LEMBURI

Kepiting lemburi merupakan kepiting cangkang lunak khas Pemalang. Nama lainnya adalah kepiting soka. Kepiting ini bisa dinikmati tanpa dikupas kulitnya terlebih dahulu. Harga kepiting lemburi yang dapat diolah menjadi berbagai macam menu ini dibanderol mulai dari Rp55 ribu per porsinya.

Kalian bisa membeli dan membawa pulang oleh-oleh ini karena dapat berahan hingga 3 hari, Kepiting lemburi Bisa di Jumpai di Jalan Raya Pemalang-Pekalongan KM 15 atau rumah makan Kepiting Mamo.



 

 

6.     6. OGEL - OGEL

Jajanan satu ini mungkin sudah tidak asing bagi para pelancong yang sempat mampir di Pemalang. Ogel-ogel terbuat dari adonan beras ketan yang kemudian digoreng. Memiliki tekstur yang renyah serta bercita rasa gurih-manis juga lezat. Ogel-ogel sangat mudah dijumpai di beberapa toko oleh-oleh di Pemalang.

Umumnya, oleh-oleh yang satu ini dijual dengan harga Rp 35.000,- per kardus dengan isi 5 bungkus atau harga Rp10 ribu per 100 gram. Saat pulang dari Pemalang, Anda bisa membawa pulang jajanan yang satu ini.



 

7.     7. APEM WANARATA

Seperti yang kalian tau sesuai namanya Apem Wanarata ini di buat di Desa Wanarata Kecamatan Bantarbolang. Berbeda dengan Apem Comal, Apem Wanarata ini terbuat dari tepung beras ketan. Bentuknya bulat hampir mirip dengan kue mangkok dan berwarna cokelat kemerahan. Rasa manisnya berasal dari gula aren, yang membuat rasa manisnya tidak terlalu selegit apem comal.

Harga dari apem wanarata sangat terjangkau yakni Rp 2.000,- per biji. Meskipun memiliki harga yang terkesan murah, tetapi lezatnya jajanan yang satu ini wajib Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Kalian dapat membeli jajanan ini di Pasar-pasar Tradisional yang menyediakan jajanan Apem Wanarata ini.



 

8.     8. BATIK PEMALANGAN

Selain Produk Makanan yang bisa kalian bawa pulang sebagai oleh-oleh, kalian juga dapat menghadiahi saudara, teman atau keluarga kalian di rumah setelah berkunjung ke pemalang yaitu Kain Batik Pemalangan. Berbeda dari batik kota sebelah atau batik pekalongan, Batik Pemalangan cinderung berbahan kain yang lembut dan Adem karena memang daerah pemalang adalah pesisir maka bahan yang adem ini membantu aktifitas warganya.



 

9.     9. SARUNG GOYOR

Disebut Sarung Goyor, menurut beberapa referensi, sarung tenun goyor adalah salah satu kerajinan tenun ikat berbentuk sarung yang dibuat dengan menggunakan alat tenun bukan mesin. Disebut goyor merujuk kepada bahan dasarnya, benang rayon yang lentur/tidak kaku dan halus. Menurut beberapa sumber, bahan rayon dibuat dari senyawa selulosa yang berasal dari pulp kayu atau serat kapas pendek yang beregenerasi secara fisik dan dirubah bentuknya menjadi serat melalui proses pemintalan serat.

 



Posting Komentar

1 Komentar

  1. Apem wanarata sama kue kamir Arab the best SII...

    BalasHapus